HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN DENGAN PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA TINGKAT II AKPER RSP TNI AU JAKARTA

Fitri Anggraeni, Luluk Eka Meylawati

Abstract


Proses belajar mengajar biasanya berlangsung di dalam kelas di mana proses belajar mengajar hanya bisa berlaku pada  waktu dan  tempat  yang  telah  ditetapkan. Semenjak pandemi Covid, pembelajaran daring menjadi kewajiban yang tidak terelakkan untuk menentukan pendidikan berjalan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan dengan pembelajaran daring pada mahasiswa tingkat II Akper RSP TNI AU Jakarta. Desain yang digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 63 responden. Pengambilan data dilaksanakan selama 12 hari. Adapun hasil penelitian adalah ada  hubungan tingkat kepuasan dengan pembelajaran daring pada mahasiswa tingkat II Akademi Keperawatan RSP TNI AU Jakarta deengan hasil uji statistik chi square yaitu nilai p = 0,031.

Full Text:

PDF

References


Daud, Afrianto. 2020. Pembelajaran Daring dan 3 M (Media, Metode dan Materi). https://riaupos.jawapos.com/. Diakses pada tanggal 3 Desember 2020.

Carolina Irmawati, Supriyatna Adi, Puspitasari Diah. 2020. Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid 1. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) 2020. Vol. 2, (2020), pp. 342-347

Hayati, Nur. 2020. Metode Pembelajaran Daring/E-Learning Yang Efektif. https://www.researchgate.net/publication/. Diakses pada tanggal 3 Desember 2020.

Napitupulu Rodame Monitorir. 2020. Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 7, No. 1, April 2020 (23-33).

Prasetya, Raden. 2019. Cara Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen dan Indikatornya. https://highlight.id/. Diakses pada tanggal 3 Desember 2020.

Prasetya Tri Adi , Harjanto Chrisna Tri. 2020. Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 17, No. 2, Juli 2020 P-ISSN : 0216-3241 E-ISSN : 2541-0652

Redaputri Appin Purisky, Prastyo Yanuar Dwi, Barusman M. Yusuf S. 2021. Analisis Kepuasan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19. Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol.12 No. 1, Februari 2021.

Sevima. 2020. 6 Metode Pembelajaran Paling Efektif di Masa Pandemi Menurut Para Pakar. https://sevima.com/6-metode-pembelajaran-paling-efektif-di-masa-pandemi-menurut-para-pakar/. Diakses pada tanggal 3 Desember 2020.

Widyanuratikah, Inas. 2020. 94,3 Persen Perguruan Tinggi Lakukan Pembelajaran Daring. https://republika.co.id/. Diakses pada tanggal 3 Desember 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.